Berada di tepat jantung kota Jakarta, apartemen The Pakubuwono Menteng membawa suananya yang menyejukkan. Seperti karya apartemen Pakubuwono sebelumnya, The Pakubuwono Menteng hadir menyajikan taman-taman rindang dan ruang terbuka hijau yang luas. Kontras dengan padatnya hiruk pikuk ibu kota, konsep ‘hijau’ dari apartemen The Pakubuwono Menteng bagaikan membawa angin segar dan dapat menjadi solusi bagi gaya hidup sehat Anda. Bisa dilihat taman dan ruang terbuka hijau ini mendominasi area bangunan apartemen dan menjadi rumah bagi puluhan jenis tumbuhan dari area Ground Floor hingga Sky Garden.

Gambar: Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)

Selain itu, taman dan ruang terbuka hijau di apartemen The Pakubuwono Menteng juga dihiasi dengan berbagai jenis tanaman berbunga yang bermekaran sejauh mata memandang. Selain mempercantik area apartemen, tentu saja tanaman berbunga ini juga memberi dampak positif khususnya bagi para penghuni, dimana udara segar dan oksigen akan turut disuplai oleh pepohonan rindang dan tanaman-tanaman disekitar apartemen. Mari kita lihat beberapa jenis tanaman berbunga yang menghiasi area taman dan ruang terbuka hijau apartemen The Pakubuwono Menteng:

Gambar: Bunga Tecoma stans di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)

– Tecoma stans
Tecoma stans adalah nama ilmiah tumbuhan ini. Berasal dari Amerika, tumbuhan ini juga dikenal dengan nama tetua kuning atau terompet emas. Terompet emas adalah tumbuhan semak yang bisa tumbuh setinggi 6 meter. Memelihara tumbuhan ini juga tidak sulit, cukup disiram setiap hari dan diberi pupuk, tumbuhan ini akan berbunga sepanjang waktu. Bunga ini bisa Anda lihat menghiasi seluruh area main pool, taman dan jogging track di apartemen The Pakubuwono Menteng.

– Antigonon leptopus
Tanaman ini disebut juga dengan ‘Air Mata Pengantin’. Tanaman berbunga ini berasal dari Meksiko, namun juga banyak ditemukan di kawasan Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika. Sebagai tanaman yang merambat, bunga air mata pengantin sering ditemukan merambat pada pepohonan lainnya. Sedangkan jika dikembangkan sebagai tanaman hias di pekarangan maupun di taman, bunga ini dapat dirambatkan pada pagar maupun media rambat lainnya. Dapat ditemukan di area changing room pada main pool, Air Mata Pengantin dirambatkan menghiasi pergola sehingga sekaligus berfungsi sebagai peneduh.

Gambar: Bunga Antigonon leptopus di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)
Gambar: Bunga Clerodendrum thomsoniae di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)

– Clerodendrum thomsoniae
Nona Makan Sirih (Clerodendrum thomsoniae) adalah sejenis tanaman hias merambat anggota suku Lamiaceae (dulu dimasukkan ke dalam Verbenaceae). Asalnya dari Afrika barat tropis namun kini tersebar di seluruh penjuru dunia karena populer sebagai tanaman hias penaung. Tumbuhan ini adalah tanaman merambat yang dapat mencapai panjang 4 meter, dengan daun oval sampai memanjang 8–17 cm. Bunganya tersusun sebagai cymosa, dengan 8-20 kuntum; kelopak bunga berwarna putih atau ungu pucat, mahkota bunga berwarna merah, panjang 2 cm.

– Hibiscus rosasinensis
Bunga Kembang Sepatu dengan nama latin Hibiscus rosa ini merupakan tumbuhan semak yang bisa Anda temukan di area BBQ apartemen The Pakubuwono Menteng. Flora ini berasal dari kawasan Asia Timur, kemudian tersebar dan tumbuh di daerah iklim tropis dan sub tropis. Daya tarik dan keunikan dari bunga sepatu adalah ukuran kelopak bunganya yang besar dengan warna sangat cerah. Di daerah tropis seperti Indonesia, bunga kembang sepatu dapat terus berbunga sepanjang tahun.

Gambar: Bunga Hibiscus rosa di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)

Berikut adalah beberapa jenis tanaman berbunga yang menghiasi setiap sudut area taman apartemen The Pakubuwono Menteng. Bila Anda tertarik untuk mengenal lebih jauh dan mengetahui info lebih detail mengenai tumbuhan berbunga lainnya yang berada di taman apartemen The Pakubuwono Menteng, jangan lupa untuk selalu memantau website dan media sosial @pakubuwonomenteng ya! Jangan ragu juga untuk meng-explore taman-taman di apartemen The Pakubuwono Menteng untuk menemukan jenis-jenis tanaman baru lainnya. Salam sehat!
 


Referensi:
https://www.jardineriaon.com/id/tecoma-stans.html
https://tamankita.tangerangkota.go.id/tanaman/detail/84
https://id.wikipedia.org/wiki/Nona_makan_sirih#:~:text=Nona%20makan%20sirih%20(Clerodendrum%20thomsoniae,populer%20sebagai%20tanaman%20hias%20penaung.