Jika Anda berada di apartemen The Pakubuwono Spring, suasana berbeda akan terasa saat menyusuri area landscape apartemen ini. Musim semi yang selalu hadir dapat anda nikmati pada landscape yang dihiasi oleh warna warni bunga-bunga yang bermekaran bisa Anda temukan di setiap sudut taman. Mungkin Anda sudah melihat beberapa koleksi tumbuhan berbunga yang menghiasi landscape apartemen The Pakubuwono Spring melalui artikel sebelumnya, atau Anda juga bisa klik disini untuk membaca kembali artikel mengenai aneka bunga di apartemen The Pakubuwono Spring.

Gambar: Floral Garden di Apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: www.pakubwuonospring.com)

Pada artikel kali ini, kita akan menghadirkan kembali ragam tumbuhan berbunga lainnya yang menghiasi taman apartemen The Pakubuwono Spring, yuk mari kita lihat satu per satu:

Gambar: Bunga Thunbergia di Apartemen The Pakubuwono Spring  (Sumber: www.pakubuwonospring.com)

– Thunbergia grandiflora
Bunga ini memiliki nama latin Thunbergia Grandiflora dan termasuk ke dalam keluarga acanthaceae, yang mana penamaannya tersebut berasal dari nama orang yang menemukannya yaitu, Carl Peter Thunberg yang merupakan seorang ahli botani dari Swedia. Terlebih dengan berbagai keunikan yang dimilikinya, membuat bunga satu ini kerap menjadi pilihan sebagai tanaman rambat hias. Keunikan dari Thunbergia yaitu tingginya yang dapat mencapai hingga delapan meter ketika ditanam dengan baik. Bentuk bunga Thunbergia juga tidak kalah unik, karena jika diperhatikan bentuknya mirip terompet dengan warna bervariasi. Warna yang paling umum ditemui pada thunbergia yaitu putih dan ungu, di mana pada bagian dalamnya bisa ditemukan warna kuning yang membuatnya terlihat mempesona.

– Bunga Air Mancur (Russelia equisetiformis)
Bunga air mancur (Russelia equisetiformis) adalah salah satu jenis bunga yang tumbuh mengarah ke atas kemudian menjuntai ke bawah seperti layaknya air mancur. Berasal dari Meksiko, bunga ini juga bisa Anda temukan menghiasi area jogging track di apartemen The Pakubuwono Spring.Bunga air mancur dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Fountain plant atau Coral plant. Tanaman ini juga sering disebut tanaman petasan.

Gambar: Bunga Air Mancur di Apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: www.pakubuwonospring.com)
Gambar: Bunga Lantana Kuning di Apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: www.pakubuwonospring.com)

– Bunga Lantana Kuning (Lantana camara)
Tanaman lantana (Lantana Camara) berbunga warna kuning. Lantana di Indonesia disebut juga tembelekan atau bunga tembelek. Lantana merupakan jenis tanaman perdu semak (shrub) dengan tinggi mencapai 2 meter, kelasnya perennial, disukai kupu-kupu dan lebah. Tidak hanya sebagai tanaman hias, tembelekan juga berguna sebagai tanaman obat gatal, bengkak, rematik, memar akibat benturan, flu dan masih banyak lagi.

– Bunga Oleander (Nerium oleander)
Oleander,bunga mentega atau bunga jepun (Nerium Oleander) adalah tanaman perdu anggota keluarga Apocynaceae yang menghasilkan bunga sepanjang tahun. Bunga jepun berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah kering beriklim hangat dan dapat dibudidayakan di berbagai daerah.

Gambar: Bunga Oleander di Apartemen The Pakubuwono Spring  (Sumber: www.pakubuwonospring.com)

Jadi itulah beberapa jenis tanaman berbunga lainnya yang menghiasi apartemen The Pakubuwono Spring. Setelah melihat dan mengenal lebih jauh mengenai tanaman berbunga ini, pasti Anda jadi lebih tertarik dengan spesies-spesies tanaman lainnya, bukan? Selain tanaman berbunga, apartemen The Pakubuwono Spring juga memiliki puluhan spesies tumbuhan unik lainnya yang berasal dari berbagai daerah. Bila ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman apartemen The Pakubuwono Spring atau Anda juga bisa terus memantau website dan sosial media @pakubuwonospring yang akan mengulas ragam tanaman lainnya. Sampai bertemu dan kita akan berkenalan lebih banyak lagi  mengenai bunga-bunga yang lainnya, salam sehat!

Referensi:
https://threebouquets.com/blogs/article/cara-menanam-bunga-thunbergia
https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_air_mancur
https://idnmedis.com/pacing-pentul
https://id.wikipedia.org/wiki/Oleander
https://bibitbunga.com/product/tanaman-tembelekan-kuning-yellow-lantana/