Berada di jantung pusat kota Jakarta, lokasi apartemen The Pakubuwono Menteng sangatlah strategis. Selain dekat dari pusat bisnis, perbelanjaan, fasilitas layanan kesehatan, apartemen The Pakubuwono Menteng tentunya juga dekat dengan beragam pilihan destinasi wisata. Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan menarik untuk berwisata bersama dengan keluarga Anda.

Gambar: Taman di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: www.pakubuwonomenteng.com)

Pilihan wisata di sekitar apartemen The Pakubuwono Menteng antara lain dari mulai wisata kuliner, wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Nah, jika Anda tertarik untuk tahu lebih dalam akan sejarah Indonesia dan khususnya kota Jakarta, berikut destinasi yang dapat Anda kunjungi antara lain Museum Gajah, Museum Nasional Indonesia, Museum Sejarah Nasional dan lainnya. Lalu bila Anda ingin berbelanja, Anda bisa pergi ke mall Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Sarinah dan masih banyak lagi.

Mari kita simak beberapa rekomendasi wisata baru di sekitar area apartemen The Pakubuwono Menteng yang wajib Anda kunjungi:

1. Sarinah
Mal pertama di Indonesia ini telah melalui proses renovasi sejak tahun 2020 dan telah resmi dibuka untuk umum pada Senin (21/3/2022). Mal Sarinah mengusung tema community mall dan amat cocok untuk menjadi tempat berkumpul. Dalam mal baru ini, beberapa memori masa lampau Sarinah masih tetap dipertahankan seperti eskalator pertama di Indonesia, relief Presiden ke-1 RI Soekarno, maupun kolam pantul. Proses transformasi Sarinah dipastikan tidak akan menghilangkan citra dirinya sebagaimana saat dibangun dahulu. Sebaliknya, citra Sarinah justru ingin dipertegas menjadi pusat perdagangan dan promosi, serta duta bagi barang-barang lokal Indonesia di dunia Internasional.

Gambar: Mal Sarinah (Sumber Gambar: https://hardrockfm.com/)

Gambar: Pos Bloc (Sumber Gambar: www.liputan6.com)

2. Pos Bloc
Bila Jakarta Selatan memiliki M Bloc Space, Jakarta Pusat kini memiliki Pos Bloc. Letaknya berada di gedung yang mulanya merupakan Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos peninggalan zaman Hindia Belanda. Tepatnya berada di Jalan Pos No.2, Pasar Baru. Dengan pembaharuan,Pos Bloc menghadirkan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain belajar sejarah dari megahnya arsitektur gedung, belanja produk ekonomi kreatif, belanja barang antik, makan dan bersantai, ber-swafoto, dan masih banyak lagi.

3. Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki sebagai pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di Cikini Raya, Jakarta Pusat sudah dibuka bertahap mulai 3 Juni 2022 dan hadir dengan wajah baru berkat revitalisasi yang berlangsung sejak 2019. Dua area yang sudah dibuka untuk umum saat ini adalah Galeri Seni dan Galeri Annex yang berada di Gedung Panjang. Di kedua galeri ini, pengunjung bisa menyaksikan pameran seni secara gratis setiap harinya.

Gambar: Foto udara proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (Sumber Gambar: TEMPO/ Hilman Fathurrahman W)

Gambar: Petak Enam (Sumber Gambar: kompas.com)

4. Petak Enam
Petak enam berada di kawasan Glodok. Tempat ini merupakan satu kompleks besar untuk wisata kuliner, belanja, hingga wisata sejarah. Gedung petak enam dulunya merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta yang masih berdiri, selain Sarinah. Gedung Chandra kini telah direvitalisasi dan kini menjadi Petak Enam yang mengusung tema compound complex (kompleks campuran). Bila dilihat dari kawasan tengah hingga belakang Petak Enam dominan unsur pecinan, sementara bagian depan, tempat Paviljoen berada, terdapat unsur Belanda yang cukup kental.

Itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata di sekitar apartemen The Pakubuwono Menteng yang bisa Anda kunjungi untuk. Destinasi – destinasi tersebut juga bisa menjadi pilihan wisata akhir pekan Anda bersama keluarga. Namun jangan lupa terus menjalankan protokol kesehatan ya, salam sehat!


Referensi:
https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/21/142002321/resmi-dibuka-kembali-begini-tampilan-modern-mall-sarinah?page=all
https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5844740/pos-bloc-jakarta-ini-7-aktivitas-serunya
https://travel.kompas.com/read/2022/06/24/150600227/4-tips-wisata-ke-taman-ismail-marzuki-jakarta-naik-transportasi-umum?page=all
https://www.kompas.com/food/read/2021/06/07/091100875/bersantai-di-gedung-bersejarah-glodok-petak-enam-di-chandra?page=all