Keselamatan semua orang, terutama penghuni apartemen The Pakubuwono Spring, adalah prioritas utama. Setelah sebelumnya dilakukan pelatihan dan simulasi Fire Drill (pemadaman kebakaran), kini proses dilanjutkan dengan pelatihan dan simulasi Evacuation Drill dimana pelatihan difokuskan dalam proses evakuasi seluruh penghuni dan staff apartemen The Pakubuwono Spring saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gambar: Briefing pelatihan evacuation drill di Function Room – Apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: pakubuwonospring.com)

Untuk melatih kesiapan dan memastikan kesiagaan tanggap darurat, Apartemen The Pakubuwono Spring melaksanakan kegiatan pelatihan Evacuation Drill secara berkala. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh staff Building Management dan dimentori oleh Chief Warden dari Emergency Response Team – The Pakubuwono Spring.

Pelatihan Evacuation Drill di apartemen The Pakubuwono Spring kali ini difokuskan dalam beberapa poin:

– Menghitung waktu dari saat general alarm berbunyi sampai penyisiran dilakukan
Simulasi dilakukan saat General Alarm berbunyi dan proses evakuasi dimulai. Penghuni zona tertentu akan langsung menuruni tangga darurat menuju ke Assembly Point. Penghuni akan diminta untuk melaporkan ke tim penyisir mengenai situasi dan kondisi dilapangan.

Gambar: Simulasi penghuni mengevakuasikan diri melalui tangga darurat (Sumber: pakubuwonospring.com)

– Durasi waktu tim penyisiran menemukan korban
Atas laporan penghuni, jika terdapat keadaan darurat tim penyisir melakukan penyisiran di seluruh area terlapor. Penyisiran juga dilakukan dari lantai atas ke bawah untuk menemukan ada atau tidaknya korban yang tertinggal. Saat tim penyisir menemukan korban, tim penyisir akan memberi tahu tim P3K untuk menangani korban.

Gambar: Tim penyisiran menemukan korban (Sumber: pakubuwonospring.com)

– Durasi tim P3K menemukan korban
Atas laporan dari tim penyisir dimana letak spesifik korbal telah dilaporkan, tim P3K meluncur menuju lokasi.

Gambar: Tim P3K menemukan korban (Sumber: pakubuwonospring.com)

– Durasi tim P3K melakukan pemeriksaan
Setelah menemukan korban, P3K terlatih akan melakukan pemeriksaan atau prosedur yang dilakukan pada berbagai cedera muskuloskeletal akut maupun kronis. Prosedur ini dilakukan sebagai pertolongan pertama dalam kasus gawat darurat.

Gambar: Tim P3K melakukan pembidaian pada korban (Sumber: pakubuwonospring.com)

– Durasi tim P3K ke Assembly Point
Setelah pertolongan pertama dilakukan pada korban, kini saatnya untuk membawa korban ke Assembly Point untuk penanganan selanjutnya.

Gambar: Seluruh tim berkumpul di Assembly Point (Sumber: pakubuwonospring.com)

 

Durasi seluruh tim dalam proses evakuasi dan menemukan korban dihitung dan dicatat karena proses ini amat krusial bagi keselamatan semua orang, terutama korban. Durasi yang telah diperoleh akan di evaluasi dan ditingkatkan di setiap pelatihan selanjutnya. Kedepannya simulasi juga akan dilakukan dengan melibatkan seluruh staff, penghuni dan damkar.

Kesigapan dan kesiapan seluruh tim yang terlibat sangatlah penting, oleh karena itu latihan rutin selalu diadakan oleh Building Management. Hal ini guna mengantisipasi kejadian apapun sehingga tim selalu siap sedia karena keselamatan penghuni apartemen The Pakubuwono Spring adalah prioritas utama. Salam sehat!