Istilah TRX di pusat kebugaran kini makin sering kita dengar, Total Body Resistance (TRX) merupakan olahraga yang memanfaatkan berat tubuh Anda sendiri dan gaya gravitasi sebagai beban untuk membangun otot. Alat utama TRX adalah sebuah tali atau straps – karet elastis khusus yang biasa disebut dengan suspender / suspension straps. Saat melakukan gerakan TRX, tubuh akan bertumpu pada tali tersebut dan tekanan ke otot akan meningkat.

Gambar: Exercise Room di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: pakubuwonomenteng.com)

The Pakubuwono Menteng menawarkan berbagai fasilitas penunjang kebugaran tubuh. Selain fasilitas fitness room yang dilengkapi peralatan gym dengan teknologi terkini, di area exercise room juga dilengkapi dengan fasilitas TRX. The Pakubuwono Menteng selalu up to date untuk mengakomodir kebutuhan fasilitas kebugaran tubuh penghuninya, belum banyak apartemen atau hunian di Jakarta yang menghadirkan fasilitas ini.

Jika penasaran dan ingin berlatih, Anda bisa mencoba fasilitas TRX di Exercise Room – apartemen The Pakubuwono Menteng. Semua penghuni dapat menggunakan fasilitas ini dan bila tertarik untuk mencoba olahraga TRX, pendampingan oleh in-house personal trainer juga tersedia.

Dengan didampingi oleh personal trainer, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Pasalnya gerakan-gerakan yang dilakukan pada olahraga TRX bukan gerakan high impact. Olahraga ini berfokus untuk melatih otot tubuh Anda saat bergerak dengan waktu yang perlahan. Gerakan yang bisa dilakukan saat berolahraga TRX antara lain: jump squat, single leg lunge, push up, biceps curl, dan masih banyak lagi.

Jika dilakukan dengan konsisten, olahraga ini dapat mempunyai banyak manfaat seperti berikut:

1. Melatih dan mengecangkan otot
Dengan variasi gerakan TRX, maka olahraga ini efektif untuk melatih massa otot dari berbagai area seperti lengan, kaki, bokong, hingga punggung.

2.Memperbaiki postur tubuh
Latihan dan gerakan dalam olahraga TRX baik untuk membentuk dan mengencangkan otot tubuh, termasuk otot inti pada perut, dada, bahu dan punggung. Latihan di bagian-bagian tersebut dapat memperbaiki otot tubuh.

3.Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Pada beberapa gerakan olahraga TRX, Anda dituntut untuk melakukan pereganga dengan interval berbeda. Hasilnya tubuh Anda akan lebih fleksibel.

4.Minim resiko cedera
Dalam olahraga TRX, Anda tidak akan mengangkat beban berat dan tidak akan melakukan gerakan ekstrem. Variasi gerakan juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Latihan TRX juga tidak terlalu menekan persendian sehingga minim resiko cedera.

5.Menyehatkan jantung
Meski secara umum TRX adalah olahraga yang melatih kekuatan, tapi gerakan yang dilakukan juga akan melatih kardio atau jantung.

6.Bisa dilakukan semua orang
Latihan TRX merupakan olahraga dengan intensitas sedang hingga berat. Namun dengan fleksibilitas dan variasi gerakan yang ada, para personal trainer dapat melakukan penyesuaian untuk semua orang dengan berbagai tingkat kebugaran.

Gambar: Exercise Room di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: pakubuwonomenteng.com)

Dalam melakukan olahraga TRX, Anda bisa memulainya secara bertahap dari intensitas yang rendah sampai ke intensitas yang lebih tinggi. Bagi para penghuni yang ingin mencoba melakukan olahraga TRX, pastikan Anda melakukannya dengan personal trainer yang ada untuk mendampingi dan memberi arahan teknik gerakan yang tepat agar jauh dari resiko cedera. Mari berolahraga dan salam sehat!