Buku adalah jendela dunia. Buku mempunyai peran penting bagi semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bukan hanya dapat memperluas wawasan kita, tapi juga bisa menjadi penghubung dengan dunia di sekitar kita. Dan tahukah Anda? Ternyata, hampir semua orang sukses mempunyai satu kebiasaan positif yang sama, yakni membaca buku. Mengutip dari Business Insider, penelitian yang dilakukan Steve Siebold mengatakan bahwa para miliuner mendidik diri mereka sendiri dengan rajin membaca. Lihat saja, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, Bill Gates, Oprah Winfrey, Elon Musk dan masih banyak lagi.

Namun membaca buku sering di cap sebagai aktivitas yang membosankan, sehingga beberapa orang malas untuk melakukannya dan lebih memilih untuk asyik larut dengan gawai mereka seperti memantau sosial media, bermain game atau berselancar di internet. Ditambah lagi faktor lingkungan yang kurang mendukung dan tidak kondusif yang dapat menyebabkan hilangnya minat dan fokus saat membaca.

Gambar: Library di apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: pakubuwonospring.com)

Apartemen The Pakubuwono Spring menyediakan fasilitas yang dapat mendukung dan mengakomodir hobi dan minat membaca Anda. Di Library yang berada di rooftop Cherrywood tower, Anda bisa membaca buku dengan nyaman sambil dikelilingi pemandangan indah dari hijaunya taman dan lanskap kota Jakarta. Fasilitas Library ini juga dilengkapi dengan berbagai macam buku bacaan yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Mulai dari buku sejarah, bacaan anak, ensiklopedia, sampai fiksi.

Gambar: Library di apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: pakubuwonospring.com)

Sudah jadi rahasia umum, bahwa membaca buku merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita. Berikut adalah 5 alasan penting untuk membaca buku setiap hari:

1.Memberikan perspektif dan pandangan baru
Buku memiliki kekuatan untuk mengajarkan kita untuk berpikir, berbicara dan menganalisis sesuatu dari perspektif/pandangan yang baru. Dari buku dengan banyak genre seperti fiksi, non-fiksi, suspense, fiksi ilmiah dan lainnya. Setiap buku hadir dengan perspektif uniknya masing-masing.

2.Menambah wawasan dan pengetahuan
Banyak informasi baru yang kita dapatkan dari membaca buku. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap menghadapi tantangan hidup baik di masa kini ataupun di masa-masa yang akan datang.

3.Mengurangi stres berlebih
Menurut peneliti dan neuropsikolog kognitif, Dr. David Lewis, menenggelamkan diri pada buku merupakan relaksasi yang luar biasa. Apapun buku yang Anda baca, menenggelamkan diri sepenuhya pada bacaan bisa membuatmu lepas dari rasa khawatir dan stres yang muncul dari kehidupan sehari-hari dan menghabiskan sejumlah waktu menjelajahi imajinasi penulis.

4.Meningkatkan kemampuan komunikasi
Kebiasaan membaca buku dapat memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi yang dapat membantu kita berinteraksi lebih baik dengan orang lain.

5.Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini juga melatih kita untuk dapat lebih fokus dalam beraktivitas sehari-hari.

6.Mencerahkan imajinasi
Buku adalah salah satu bentuk seni yang paling kreatif. Buku penuh dengan karakter berbeda dan dunia yang luar biasa, yang dapat merangsang imajinasi para pembacanya.

7.Mengasah kemampuan berpikir dan menganalisis
Saat membaca, pembaca diajak untuk berpikir secara kritis dan alaisis terhadap alur cerita atau inti pembahasan pada bacaan. Dengan membaca setiap hari, cara berpikir yang demikian itu lama-kelamaan akan tertanam di diri para pembaca.

8.Mencegah resiko penurunan fungsi kognitif
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca dapat mengurangi resiko penurunan fungsi kognitif hingga 32%. Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien yaitu dengan mengubah struktur neuropathologis yang berkaitan dengan usia.

Gambar: Rooftop Cherrywood tower – apartemen The Pakubuwono Spring (Sumber: pakubuwonospring.com)

Dilihat dari banyaknya manfaat dari membaca buku, kegiatan positif ini baiknya dilakukan setiap hari sampai menjadi kebiasaan. Tidak perlu langsung membaca buku yang berat, kita bisa mulai dengan membaca buku yang paling sesuai dengan minat kita. Apalagi membaca buku kesukaan di Library apartemen The Pakubuwono Spring yang tenang dan indah, pasti pengalaman membaca Anda amat berkualitas dan menenangkan. Selamat membaca!