Sebagai professional atau pebisnis yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dengan segudang kesibukan dan rutinitas seringkali membuat kita lalai untuk menjaga kebugaran tubuh. Bisa jadi kita kurang istirahat, apalagi jika pola makan tidak diperhatikan serta kurang olahraga. Padahal penting sekali untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, apalagi di tengah masa pandemi seperti ini. Oleh karena itu, kini gaya hidup sehat banyak diperhatikan oleh masyarakat perkotaan. Gaya hidup sehat harus diperhatikan dari pola makan, istirahat dan tentunya olah raga teratur.

Kabar baiknya, apartemen The Pakubuwono Menteng dapat menjadi solusi gaya hidup sehat Anda. Apartemen The Pakubuwono Menteng memiliki banyak fasilitas penunjang kebugaran tubuh yang bisa Anda gunakann seperti; Kolam Renang, Lapangan Basket, Lapangan Tenis, Sauna & Steam, Jacuzzi, Indoor Gym dan juga Outdoor Gym.

Gambar: Outdoor Gym di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: pakubuwonomenteng.com)

Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat berolahraga di Outdoor Gym – apartemen The Pakubuwono Menteng. Tidak terasa seperti berada di tengah kota dengan kesibukan dan hiruk-pikuknya, di apartemen The Pakubuwono Menteng, Anda dapat merasakan sensasi berolahraga di alam terbuka yang dikelilingi taman yang hijau dan rindang. Berikut adalah 7 manfaat berolahraga di Outdoor Gym:

1. Mendapat vitamin D
Sebagian besar waktu Anda mungkin dihabiskan di dalam ruangan. Dengan berolahraga di Outdoor Gym – apartemen The Pakubuwono Menteng, akan membantu tubuh Anda untuk menyerap vitamin D alami dari matahari. Memperoleh cukup vitamin D dalam tubuh akan membantu pembentukan dan penguatan tulang, mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk osteoporosis, scleriosis, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

2. Membakar lebih banyak kalori
Penelitian menunjukkan bahwa berjalan atau berlari di luar ruangan membakar 10% lebih banyak kalori dibanding dengan melakukan treadmill dalam ruangan dengan kecepatan yang sama. John Porcari, seorang ahli fisiologi olahraga di University Wisconsin – La Crosse, mengatakan, “Ketika Anda terjebak dalam ruangan, Anda jadi lebih focus dengan rasa lelah Anda”.

Gambar: Outdoor Gym di Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: pakubuwonomenteng.com)

3. Membantu menyehatkan paru-paru
Di Outdoor Gym – apartemen The Pakubuwono Menteng , Anda dapat merasakan sensasi berolahraga di ruang terbuka dikelilingi dengan tumbuhan dan pepohonan rimbun & rindang dan udara yang segar. Menghirup udara segar membantu menyehatkan paru-paru Anda, memungkinkan untuk mengambil napas lebih dalam, serta meningkatkan jumlah oksigen yang diangkut ke sel-sel tubuh.

4. Alternatif olahraga bersama keluarga
Outdoor Gym yang biasanya terdapat diruang terbuka hijau atau taman dapat menjadi alternatif Anda untuk berolahraga bersama keluarga. Bisa untuk berjalan santai di area Jogging Track atau bisa juga menjadi sarana edukasi flora bagi si kecil.

Gambar: Peralatan olahraga di Outdoor Gym – Apartemen The Pakubuwono Menteng (Sumber: pakubuwonomenteng.com)

5. Mudah untuk digunakan
Tidak seperti banyak peralatan olahraga, gerakan Outdoor Gym relatif mudah dan terdapat instruksi cara menggunakan alat dengan benar.

6. Meningkatkan kesehatan mental
Dengan melakukan olahraga di luar ruangan, Anda akan lebih merasakan bermain daripada berolahraga, sehingga jauh dari pemikiran negatif yang mengejar. Selain itu, dilansir dari National Library of Medicine, berolahraga di luar ruangan juga terbukti mampu meredakan rasa amarah, depresi dan meningkatkan mood.

7. Merasa lebih bahagia
Menurut serangkaian studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology, menikmati alam terbuka membuat orang merasa lebih hidup. Pada sejumlah penelitian terbaru lainnya, sukarelawan pergi berjalan dua kali untuk waktu & jarak yang sama, sebagian olahraga treadmill dalam ruangan dan yang lain di luar ruangan. Hampir seluruh peserta melaporkan menikmati aktivitas luar ruangan dan mendapat skor lebih tinggi pada tes psikologis yang mengukur vitalitas dan energi.

Untuk menjalankan gaya hidup sehat tentu saja harus disertai juga dengan niat dan konsistensi. Kesehatan itu adalah yang terutama dan investasi termahal dalam hidup Anda yang harus senantiasa dijaga. Jadi pastikan Anda selalu menyediakan waktu untuk berolahraga dan melakukannya secara rutin di fasilitas kebugaran tubuh yang tersedia di apartemen The Pakubuwono Menteng. Salam sehat!